Tips meningkatkan kualitas sholat sendirian

Refrensi Pihak Ketiga
Permasalahan Utama dalam Sholat yaitu masalah Fokus / kekhusu'an (Saya akan menggunakan kata fokus dalam artikel ini) dalam mengerjakan sholat karna fokus ini berdampak pada pahala yang di dapat dari melaksanakan sholat itu sendiri, So bagaimana mengatasi Permasalahan ini yuk mari kita bahas....

Memang kalau ada yang mengatakan tantangan fokus melaksanakan sholat itu sangat berat, ya itu memang benar karna ALLAH SWT memberikan hadiah atau hasil yang sebanding dengan kerja keras yang dilakukan itu, hadiahnya yaitu Syurga yang di riwayatkan dalam AL-QUR'AN luasnya seluas langit dan bumi dengan segala kenikmatan ada di dalamnya, bukannya sholat itu berhadiah payung atau piring dan gelas cantik :)

Ada juga yang mengatakan hilangnya fokus dalam sholat itu di sebabkan oleh godaan syaiton, ya itu memang benar juga karna sudah ditakdirkan begitu, mereka akan merusak tatanan kebaikan yang berasal dari Petunjuk- petunjuk ALLAH SWT, selain dari godaan syaiton hilangnya fokus dalam sholat juga bisa di sebabkan oleh sumber-sumber lainya seperti suara anak kecil yang bermain, televisi, radio, handphone, pekerjaan yang belum selesai, hal-hal yang di sukai, dan masih banyak lagi, sebenarnya ini semua bisa di katakan jalan-jalan yang di tempuh syaiton untuk menghilangkan fokus dalam sholat.

Selain dari pada godaan syaiton, beratnya sholat itu juga karena tergantung Niatnya, karena niat ini menentukan tujuan dari pelaksanaan sholat itu sendiri, niat ini susah jika mau di bahas karena sudah masalah hati, ya anda tau lah ya permasalahan hati itu hanya kita sendiri, ALLAH SWT, dan para malaikatnya, jika ada orang lain tahu ya itu karna melihat prilaku kita yang tercermin dari hati tersebut, dan dalam artikel ini saya tidak akan membahas masalah hati (niat) dengan detail.

So, Bagaimana Cara Meningkatkan Kualitas Sholat..??

oke tanpa panjang lebar lagi, ini lah kiat-kiat untuk meningkatkan kualitas sholat..

1. Menikmati Sholat Itu Sendiri

Tujuan orang sholat itu macam-macam ya, ada yang karena Dunia, contohnya seperti berikut ini:
  • Ingin dapet jodoh yang sholeh/ sholeha.
  • Ingin dapet kerja yang Halal.
  • Ingin lulus Ujian Sekolah atau Kuliah.
  • Ingin Bisa keluar dari permasalahan Hutang yang melilitnya.
  • dan masih banyak lagi.
Sebenarnya apapun tujuan kalian ya, Niatkan lah Sholat itu di kerjakan karena ALLAH SWT maka semua permasalahan dalam hidup kalian akan selesai, cuma yang jadi masalah apakah sholat kalian bernilai di mata ALLAH SWT...???

Nah agar sholat itu bernilai dimata ALLAH SWT maka kalian harus meningkatkan kualitas sholat itu sendiri caranya dengan menikmati sholat yang anda lakukan, menikmati sholat itu dapat di lakukan dengan cara sebagai berikut:
  • Memasang Niat Ikhlas karena ALLAH SWT
  • Merasakan setiap gerakan yang anda lakukan, contohnya mengangkat tangan saat Takbiratulikhram, melakukan gerakan ruku'.
  • Merasakan setiap Huruf yang anda ucapkan baik itu iramanya, maupun cara mengucapkan huruf tersebut satu persatu dalam bacaan sholat tersebut.
  • Membaca Suroh yang anda PAHAM maksud dari setiap kalimat (Ayat) dari Suroh tersebut, misalnya Suroh Al-kautsar, isi dari Suroh ini adalah menceritakan tentang kenikmatan yang ALLAH SWT berikan kepada Nabi Muhammad SAW dan perintah untuk melaksanakan sholat serta Berkurban. Kata AL-KAUTSAR itu diambil dari salah satu nama telaga di dalam syurga yang ALLAH SWT berikan Kepada Nabi Muhammad SAW.
  • Yang lebih penting lagi laksanakan lah sholat itu dengan tuma'ninah (jeda dalam setiap gerakan maupun bacaan) dan Tidak Tergesa-gesa (Buru-buru) alias santai serta tenang.

2. Menggunakan Tool Untuk Meningkatkan Fokus/ Kekhusu'an

Permasalahan Utama adalah hilangnya Fokus / kekhusu'an, maka kita harus tahu apa penyebab hilangnya Fokus tersebut, penyebabnya yaitu:
  • Terfikirkan Hal-hal yang anda senangi.
  • Terfikirkan Hal-hal yang anda lagi kerja kan, dan anda tinggal kan karena ingin sholat.
  • Terganggu karena adanya keributan, misalnya suara anak kecil lagi bermain.
  • adanya perasaan Bosan dalam melaksanakan sholat
Karena itu lah kita gunakan tool/ alat tambahan untuk merekam sholat anda, contohnya menggunakan kalkulator, Bagaimana menggunakan nya...?? 
Sebenarnya gampang anda tinggal latakkan kalkulator ini di sejadah anda (jangan lupa di nyalakan dahulu kalkulatornya), Letakkan kalkulator ini dekat dengan dengkul kaki anda saat Posisi duduk antara dua sujud, nah pada saat setiap posisi duduk antara dua sujud anda tekan tombol angka 1, 2, 3, dst sebagai tanda Rokaat anda, dengan begitu anda insyaALLAH tidak akan pernah lupa dengan Rokaat sholat anda.

Itulah cara simpel yang anda dapat lakukan untuk supaya tidak lupa Rokaat sholat anda dengan begitu anda dapat meningkatkan fokus/ kekhusu'an dalam sholat, lakukan lah dua Tips diatas secara berulang agar kualitas sholat anda meningkat. selain itu juga anda harus sebelum sholat untuk berhenti memikirkan apa yang menjadi hal-hal yang membuat anda lupa roka'at dalam sholat, salah satunya yaitu seperti yang tertulis di atas.

So, jangan lupa cek archive blog kami untuk melihat postingan kami lainnya, agar anda mendapat tips lainnya yang sangat berguna bagi anda, serta jangan lupa klik iklan yang ada dengan begitu anda terhitung mengsupport kami untuk mengembangkan blog ini. trima kasih..

Comments